Rabu, 25 September 2013

pekecambahan tanaman ku ( cabe,terong,tomat )

1. Kecambah Cabe

Kecambah cabe mulai muncul pada hari kelima setelah biji disemai. Cabe adalah tumbuhan yang paling lama engalami perkecambahan dibandingkan dengan terung dan tomat. Pada hari kelima sudah mulai munculnya kecambah berupa batang dan belum memiliki daun, kecambah itu tumbuh dari biji bagian bawah atau pangkal bijinya,hari berikutnya batang kecambah itu mulai besar dan sudah ada daun kecil. Hari berikutnya organ-organ tumbuhan pada cabe mulai tumbuh.

2. Kecambah Tomat

Kecambah tomat mulai muncul pada hari ketiga setelah bibit di semai. Biji tomat yang paling cepat berkecambah di antara ketiga tanaman tersebut ( cabe,terung,dan tomat ). Pada kecambah tomat terdapat bulu-bulu halus yang mengelilingi batang. Pada hari berikutnya kecambah itu mulai besar dan mulai tumbuh daun kecil. Hari selanjutnya daun mulai tumbuh besar.

3. Kecambah Terung
Pada hari ketiga setelah penanaman benih,dapat dilihat seperti pada gambar di samping. Sudah mulai ada kecambah yang tumbuh dari pangkal biji nya,kecambah itu masih sangat kecil,dan baru sebagian yang berkecambah. Kecambah itu panjang nya kira-kira 0.5 cm.







hari ke 3
hari ke 3

Kecambah terung mulai muncul pada hari ketiga juga,akan tetapi lebih dahulu kecambah tomat yang tumbuh. Pada kecambah biji terung juga terdapat bulu yang mengelilingi batang nya,kecambahnya tumbuh dari bagian bawah atau pangkal biji nya.

Ini adalah foto kecambah terung yang berumur 5 hari,akar kecambahnya sudah mulai panjang dan daun nya pun sudah mulai muncul,tetapi masih sangat kecil. Baru nampak hijau pada tempat yang akan tumbuh daun. Hari selanjutnya daun mulai tumbuh dan membesar sampai berumur 1 minggu. Dan setelah 1 minggu akan dilakukan pengukuran terhadap tanaman terung tersebut. mulai dari panjang akar,panjang batang, dan besar daun. Pengamatan itu akan berlangsung sampai tanaman berbuah.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar